Rumus untuk menentukan Jumlah besar sudut dalam dari suatu bangun datar

20 12 2011

Bagaimana caranya menentukan jumlah besar sudut dalam dari bangun datar segi 5, segi 7, atau segi yang lainnya???

Beberapa tahun yang lalu sempat melakukan sharing dengan seorang guru, kebetulan saat itu sang guru sedang membimbing olimpiade sma dan pas banget materinya tentang geometri. Beliaupun memberikan rumus untuk menghitung Jumlah besar sudut dalam dari suatu bangun datar segi-n ::

Misalkan :

     adalah sudut-sudut dalam dari suatu bangun datar segi-n

Maka :

Contoh :

Jumlah besar sudut dalam dari bangun datar segi 5 adalah ::

Nah, gampang bukan?? :)

Pembuktian rumus ini dapat dilihat di sini , Semoga bermanfaat :D

‘Indahnya Berbagi Ilmu’

About these ads

Aksi

Information

11 responses

23 03 2012
Sudut Bintang « mathbest

[...] menggunaan rumus Jumlah besar ‘sudut dalam’ segilima kita peroleh [...]

1 05 2012
Jumlah Sudut Segi-n (pembuktian) « mathbest

[...] Masih ingat dengan rumus yang satu ini?? (ada di postingan sebelumnya) [...]

3 11 2012
avril

ada cara yang lebih gampang gak

12 11 2012
adminmathbest

Cara yang gampang, nanti deh kita otak-atik lagi yah…

2 06 2012
Luas Daerah yang Diarsir « MathBest

[...]           (lihat postingan admin sebelumnya) [...]

3 11 2012
avril

ini cara untuk kelas berapa ya ?
aku masih kelas 4 sd

12 11 2012
adminmathbest

Sebuah Teknik di matematika sebenarnya ga ada tingkatan untuk kelas berapa, tetapi bagaimana kemampuan masing-masing individu yang akan menggunakan atau menemukan teknik / rumus berikut.

27 01 2013
kresna

kalau untuk soal soal MPC atau olimpiade ada pembahasannya ga? atau kalau kita menemukan dalam buku cetak yg ga dibahas dikelas bisa tanya juga? Terimakasih

4 06 2013
putri

Belum ngerti…

18 09 2014
BayuLuckyFauzi

Maaf belum mengerti sebelah mananya ya???

18 10 2013
pradanazone

Trims sharingnya.. ;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: