BILANGAN

17 01 2012
Mengingat Matematika pastinya tidak terlepas dari yang namanya angka dan bilangan, bener ga?? Hhe..Untuk itu, dalam materi SMP yang pertama ini saya akan membahas tentang macam-macam bilangan, disini kita akan membahas macam-macam bilangan, sembilan diantaranya adalaaah, let’s chek it out!

  • Bilangan Bulat

    Bilangan bulat itu bukan bilangan yang bentuknya bulat alias 0 (nol ) yah, haha..Bilangan bulat adalah bilangan yang semua bilangan desimalnya adalah 0, yang terdiri dari:

    1. Bilangan Bulat Negatif

      Adalah bilangan yang kurang dari nol dan dinotasikan dengan tanda “-“ (negatif). Misalnya, -2 (dibaca: negatif 2). Sedangkan himpunan bilangan bulat negatif dapat ditulis dengan:

    2. Bilangan Bulat 0

      Yakk, ini dia bilangan bulat yang benar-benar bulat, bilangan nol adalah bilangan yang tidak bernilai serta berada di antara bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif.

    3. Bilangan Bulat Positif

      Bilangan bulat positif ini sama dengan bilangan asli, dengan himpunan sebagai berikut:

 
  • Bilangan Cacah

    Ada yang tau apa itu bilangan cacah??, yupzz benar!!(#loh, dijawab aja belom), hhe.., yaudah deh langsung aja, bilangan cacah adalah kumpulan bilangan bulat yang dimulai dari 0 (nol) dan seterusnya. Himpunan bilangan cacah itu sendiri dapat ditulis seperti ini:

  • Bilangan Asli

    Nah, bilangan cacah tadi udah tau kan?, sekarang kita beralih ke bilangan asli. Bilangan asli adalah bilangan bulat yang dimulai dari 1 (satu) dan seterusnya. Dan himpunan bilangan asli juga dapat ditulis sebagai berikut:

  • Bilangan GenapBilangan genap adalah bilangan bulat yang habis dibagi dengan dua:

  • Bilangan Ganjil

    Bilangan yang satu ini adalah lawan dari bilangan genap. Ada yag bisa menebak apa itu bilangan ganjil?? Hmm, daripada kelamaan mikir, langsung aja deh. Bilangan ganjil adalah himpunan bilangan yang tidak habis dibagi dua. 

  • Bilangan Prima

    Bilangan prima adalah bilangan yang hanya memiliki dua faktor, yaitu satu dan bilangan itu sendiri. Ribet ga nih kata-katanya?? Hmm gini aja deh, dengan kata lain bilangan prima juga dapat diartikan sebagai himpunan bilangan asli yang lebih besar dari satu, yang tidak habis dibagi dengan blangan asli lainnya selain dari bilangan itu sendiri. Sebagai contoh, 4 bukanlah bilangan prima karena 4 habis dibagi dengan 2.

  • Bilangan Pangkat dan AkarBilangan
    1. Pangkat dua (kuadrat)

      Udah pada tau belum apa itu bilangan pangkat dua atau bilangan kuadrat? Yuk cari tau bareng. Nah, bilangan kuadrat itu adalah bilangan yang dihasilkan dari perkalian suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri sebanyak dua kali.Contoh 1:

      “3 pangkat 2” ditulis sebagai

      Contoh 2:



      Hasil pangkat dua dari suatu bilangan selalu bernilai positif atau nol.

    2. Pangkat tiga

      Beda tipis dengan pangkat dua, pangkat tiga dari suatu bilangan diperoleh dengan cara mengalikan bilangan dengan bilangan itu sendiri sebanyak tiga kali.
      Contoh:

    3. Akar pangkat dua

      Akar pangkat dua adalah kebalikan dari pangkat dua atau faktor pangkat dua dari suatu bilangan. Notasi akar dari suatu bilangan dilambangkan seperti Contoh:
      Jika maka

    4. Akar pangkat tiga

      Akar pangkat tiga juga adalah kebalikan (invers) dari pangkat tiga. Notasi akar pangkat tiga dari suatu bilangan dilambangkan sebagai     (baca: akar pangkat 3 dari a)Contoh:

  • Bilangan Pecahan (Rasional)

    Bilangan pecahan adalah suatu bilangan yang tidak bulat, tetapi terdiri atas dua bagian bilangan bulat . Bagian atas bilangan disebut pembilang dan bagian bawah bilangan tersebut disebut penyebut.Setiap bilangan yang ditulis dalam bentuk pembagian disebut pecahan. Angka yang dibagi tersebut pembilang dan angka yang membagi disebut penyebut.

    Contoh:

                       , 2 sebagai pembilang dan 3 sebagai penyebut

     

    Cara membaca bilangan pecahan seperti berikut:

                        dibaca “satu per dua”

                        dibaca “tiga per empat”

                     dibaca “dua, dua per tiga”

Untuk saat ini kita cukup mempelajari sembilan macam bilangan di atas, masih banyak macam-macam bilangan lainnya yang akan dipelajari ditingkat yang lebih tinggi.#Indahnya berbagi ilmu..
 
 
Sumber Gambar : http://limacahaya.blogspot.com/2011/11/bilangan.html?showComment=1331522737408#c7303977764660921423

Aksi

Information

2 responses

25 07 2012
Aifil Zul Firdaus

54ng4t membantu untuk belajar

28 07 2012
adminmathbest

terima kasih..tolong dishare ke temen2nya..agar lebih banyak lagi yg mendapat manfaatnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: