Cerita Seorang Dosen Pagi Tadi..

3 02 2016

Pagi tadi seorang dosen bercerita kepada kami, bahwa pernah datang seorang guru matematika Madrasah Tsanawiyah kepadanya. Guru tersebut menceritakan ada salah satu anak didiknya sama sekali tidak mau belajar matematika. Kalian tahu alasannya apa? Takut? Bukan. Gak bisa? Bukan juga. Gurunya galak? Jelas bukan. Lalu kenapa anak ini tidak mau belajar matematika?

Lalu jawaban menakjubkan pun muncul dari seorang siswa Madrasah Tsanawiyah. “Bu saya tidak mau belajar matematika, karena di alam kubur saya tidak akan ditanya tentang matematika.” Guru itupun terdiam.

“Lalu apa yang seharusnya seorang guru katakan kepada anak tersebut?” tanya dosen kepada kami. Lalu salah satu teman kami menjawab, “Kita harus memberitahu anak itu manfaat belajar matematika.” “Betul.” Kata dosen kami dengan wajah yang berbinar.

Kemudian apa manfaat belajar matematika?Kami terdiam.

“Intinya matematika adalah ilmu yang mulia, yang melayani kebutuhan ilmu-ilmu lain.”

Contohnya,

  • Jika kita adalah seorang petani makmur, bagaimana kita bisa menghitung pupuk yang kita butuhkan untuk ladang kita yang berhektar-hektar?
  • Jika kita berkontribusi di Badan Amil Zakat, bagaimana kita bisa tahu berapa jumlah zakat yang dikeluarkan jika kita tidak tahu hasil berapa persen dari berapa rupiah atau berapa kilo beras?

.

.

.

.

.

.

.

.

Lalu buat yang masih takut sama materi matematika, apa yang mesti ditakutkan kalau sejatinya kita butuh sama matematika?

NO MORE CRY


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: